Rabu, 06 April 2016

ABSTRAK LAPORAN PTK NGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK METODE GALLERY WALK GUNA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS X TPHP 1 SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DI SMK NEGERI 1 SALAM

ABSTRAK

PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK METODE GALLERY WALK GUNA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS X TPHP 1 SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015 DI SMK NEGERI 1 SALAM

Agus Triyana
SMK Negeri 1 Salam, Jln. Krapyak Seloboro, Salam, Kab. Magelang;agustriyana89@yahoo.co.id



Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang rendah dalam belajar materi Statistika pada siswa kelas X TPHP 1 SMK N 1 Salam. Tindakan yang dilakukan dengan menggunakan pembelajaran ilmiah metode gallery walk.
Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X semester dua Tahun 2014/2015 dengan 30 siswa. Aktivitas siswa yang diamati adalah aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Keberhasilan penelitian ini adalah meningkatnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus 7,78. Pada siklus I rata-rata nilai siswa 8,82 dan pada siklus II 8,98. Aktivitas siswa pada siklus I 85% dan pada siklus II 93% yaitu meningkat 8%.
Penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran ilmiah dengan menerapkan metode gallery walk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: gallery walk, aktivitas belajar, pembelajaran ilmiah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar